Cara Menambah dan Membuat User E-Learning

>> Menambahkan user secara Manual

Login sebagai administrator moodle

Kemudian klik pada Site Administration -> Users -> Account -> Add a new user

Pada halaman Add a new user, bagian General  (khususnya yang bertanda * warna teks merah wajib diisi) silahkan isi data-data yang diminta, antara lain: 

  • Username: misal guru1 (apa saja yang penting tidak double nama username tersebut)
  • New password: misal Guru_001 (secara default, setiap password terdiri 8 karakter, minimal 1 huruf besar, minimal 1 angka, dan minimal 1 karakter alfa non numeric: !@#$%^, dll)
  • Firts name: isikan nama awal user tersebut
  • Surname: nama akhir user tsb
  • Email address: isikan alamat email user tersebut (bagi user wajib memiliki email)
  • City/town: isikan nama kota sekarang
  • Select a country: pilih Indonesia
  • Timezone: Pilih Asia/Jakarta sebagai zona waktunya
  • Description: tambahkan deskripsi tentang user yang Anda tambahkan

Setelah itu scroll kebawah,pada bagian User picture Anda dapat menambahkan foto user tersebut atau tidak perlu biarkan user tersebut yang menambahkan fotonya setelah jadi accountnya dan klik Create User untuk membuat user tsb.

Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman Browse list of users. Halaman yang terdiri dari daftar user di moodle Anda.

>> Menambah User melalui Self Registration / Registrasi Pribadi

Cara ini dapat digunakan ketika seseorang ingin mendaftar sendiri ketika ingin berpartisipasi dalam pembelajaran online menggunakan moodle ini.

Login sebagai admin, klik Site Administration –> Plugins –> Authentication –> Manage Authentication.

Setelah meng-klik Manage authentication maka perhatikan “Email-based self-registration”, kemudian pada kolom enable klik icon mata yang tergaris miring yang akan menjadikannya enable. Jika sebelumnya sudah enable maka langsung lanjut saja ke tahap selanjutnya.

Berikut merupakan Email-based self-registration yang sudah enable.

Kemudian scroll kebawah,lalu pada Self Registration, rubah menjadi Email-based self-registration.

Selanjutnya klik Save Setting di bagian bawah untuk menyimpan aturan yang baru saja dirubah.

Nah, untuk pengguna yang berpartisipasi ingin mendaftarkan diri sebagai user baru  di moodle, caranya setelah menulis alamat web moodle di browser, klik “Login” kemudian akan muncul tombol

Create New User” seperti dibawah.

Kemudian isi formulir pendaftarannya,kalo sudah selesai isi, klik create my new account, tunggu  admin mengkonfirmasi akun kamu. Atau kamu juga bisa melakukan konfirmasi melalui pesan yang dikirimkan ke email kamu.

Jika sebagai admin, kita ingin mengonfirmasi akun user baru yang daftar caranya, Site administration –> User–> Account –> Browse list of users.

Kemudian disana terlihat ada permintaan konfirmasi penmabahan user baru. Klik Confirm untuk menyetujui menambahkan user tsb.

>> Cara menambah User secara manual dengan upload file teks.

Pertama – tama buat file .txt dengan format penulisan penambahan user pada Notepad seperti dibawah ini.

Kemudian masuk ke Site Administration -> Users -> Accounts -> Upload Users

Lalu pada halaman upload users, klik Browse untuk memilih file yang akan diupload

Kemudian akan muncul pop-up pilih Upload a File ->pada Attachment klik  Browse

Selanjutnya pilih file .txt yang berisi user tadi

Kemudian setelah itu akan muncul tampilan berikut, klik pada Upload This File

Selanjutnya pada halaman Upload Users, terdapat file .txt yang kita pilih tadi. Kemudian klik Upload Users

Kemudian pada halaman Upload users Preview, terdapat daftar user hasil file .txt yang kita upload tadi.

Disana pada Settings, di bagian Upload type pilih Add new only, skip existing user.

Lalu scroll ke bawah, dan klik Upload Users untuk mengupload user.

Selanjutnya muncul Upload User Results, klik Continue untuk melanjutkan

Kemudian muncul halaman list/daftar dari semua user,termasuk user yang kita tambahkan juga tadi.

Dalam menambahkan user pada Moodle, terdapat beberapa cara dalam melakukannya. Tentunya kita mempunyai alasan tersendiri mengapa memilih salah satu cara tersebut. Disini yang perlu diperhatikan dan dipahami saat melakukan langkah-langkah diatas adalah username, firstname,lastname,email,city,dan country yang akan dimasukkan. Begitu pula kita harus paham betul dimana saja letak dari menu-menu yang digunakan dalam pembuatan user ini.

Penulis : Septyan Eka Prastya, M.Kom

Cara Rekap Absen SMRUANG

Sebisa mungkin untuk menyimpan file absensi, tidak perlu untuk di print. Cuma simpan filenya aja

Sebelum Rekap silahkan cari dulu Mata Kuliah yang ingin di rekap

Klik Menu Home
Terus Silahkan mengisi TA, Mata Kuliah, Semester, dan Kelas

Setelah itu akan muncul semua pertemuan yang didalam mata kuliah.

Ada 2 rekap absen :

  1. Rekap pertemuan

2. Rekap Semua Pertemuan

Penulis : Abdul Latif, S.Kom

Cara membagikan Link Absen SMRUANG

Klik Home, Klik Tombol warna biru yang ada nama Prodi

Nanti akan muncul list absen dengan sesuai tgl hari ini.
Klik Link yang ada pojok kanan.

Setelah di klik maka akan muncul link yang bisa dikirim ke dosen yang ingin mengajar bisa lewat apapun, whatsapp, facebook, Instagram, dll.

Penulis : Abdul Latif, S.Kom

Cara Tambah Jawdal SMRUANG

Pilih menu Tambah Jadwal

Data yang di input, gak hilang
jadi jika ingin menambahkan jadwal yang sama tinggal ganti tanggal

untuk menambah jadwal untuk bisa bergabung, lengkapi konfirmasi kode

Kode bisa dilihat di menu HOME

Untuk Token Konfirmasi dengan prodi yang ingin bergabung, dan minta tokennya

Penulis : Abdul Latif, S.Kom

Cara Menambah Mata Kuliah SMRUANG

Klik Menu Tambah Mata Kuliah

Nanti Akan muncul Form input mata kuliah
Kode : Gak perlu di isi
Mata Kuliah : Ini di isi nama mata kuliah , atau kegiatan bagi sarpras

Setelah berhasil ngisi, maka akan muncul ditabel.
DItabel kalian bisa Ubah dan Hapus data.

Penulis : Abdul Latif, S.Kom

Cara Absen Mahsiswa SMRUANG

Kalian Cari Jadwal Kelas Kalian dengan Memilih :
1. Prodi
2. Semester
3. Kelas

Setelah itu akan muncul Daftar Absensi, Silahkan klik Absen pada jadwal nya seperti dibawah ini

setelah itu tunggu Token yang diberikan oleh dosen dan masukkan dalam input Token

Setelah itu kalian akan mendapatkan pesan absensi berhasil.

Informasi Sedikit dibawah Jadwal tampil untuk tgl sekarang
ada Jadwal yang dibuka kembali oleh prodi.
kalian bisa Absensi seperti diatas.

Penulis :
Abdul Latif, S.Kom

Pecarian File Penelitian REPOSITORY

Pencarian bisa dilakukan dengan 3 cara.

Pencarian Pertama
silahkan ketik nama penelitian yang ingin dicari, dibagian atas kanan layar

Pencarian Kedua
Klik Search Repository

alternatif pencarian sesuai katagori kolom yang di inginkan dengan memilih  Search Repository

Ataupun bisa dengan menuliskan,JUDUL,PENCIPTA,TANGGAL/TAHUN atau memilih ITEM TYPE yang di inginkan lalu pada sesi akhir bisa mengklik Pencarian

Pencarian Ketiga
pencarian langsung melalui laman beranda dengan memilih TULUSURI Tahun.subjeck,devision dan Penulis.

Hasil dari Pencarian akan tampil seperti dibawah ini.

Penulis : Faidur Rahman, A.md